5 Fakta Menarik Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor, kawasan ini sejatinya adalah hutan buatan yang kemudian disulap menjadi taman untuk tempat rekreasi pada zaman Gubernur Jenderal Thomas Stamford pada awal tahun 1800-an. Kebun Raya Bogor yang juga bersebelahan dengan Istana Presiden merupakan tempat favorit bagi Presiden Jokowi. Kebun Raya Bogor memiliki luas mencapai 87 hektar dan memiliki 15.000 jenis pohon dan tumbuhan, menjadikan kawasan ini sebagai kebun Botani terbaik di Asia Tenggara.

Baca juga : 5 Fakta Taman Safari Bogor Yang Bikin Merinding

Pohon Lycee

Pohon tertua apa yang sampai saat ini masih ada di Kebun Raya Bogor? Jawabannya adalah pohon Lychee, Lici atau tepatnya Lici Chinensis Sonn. Bibit Lychee yang didatangkan dari China bagian selatan pada zaman kolonial Belanda dahulu, ditanam pada tahun 1823. Meski tidak berbuah lagi karena usianya yang sudah sangat tua, pohon Lychee itu masih berdiri kokoh di kawasan ini.

Pohon Kina

Fakta tentang Kebun Raya Bogor yang selanjutnya adalah tentang sebuah pohon yang bernama Pohon Kina. Bibit pohon Kina yang dibawa dari negara Brazil pada 1852 ini, tidak berhasil tumbuh dengan baik di kawasan ini. Hal itu akibat kurang cocoknya cuaca yang ada di Bogor dengan Pohon Kina. Akhirnya bibit Kina lainnya tersebut dibawa ke daerah Pangrango – Cibodas (waktu itu Kebun Raya Cibodas belum ada). Ternyata di daerah Cibodas, pohon Kina tersebut tumbuh dengan subur dan lokasi Cibodas pun menjadi cikal bakal Kebun Raya Cibodas.

Lembu Nandi

Lembu Nandi yang misterius. Darimana asal situs bersejarah yang berbentuk Patung Sapi yang menampilkan sosok Lembu Nandi yaitu sebuah kendaraan Dewa Syiwa ini? Mengapa kendaraan ini berada di Kebun Raya Bogor? Wah, ini cukup misterius. Ada yang menyebutkan bahwa patung tersebut berasal dari sebuah kolam kuno yang berada di kota Batu, Ciapus-Bogor. Patung ini dipindahkan oleh Dr. Friderich ke Kebun Raya Bogor pada pertengahan abad ke-19. Ada juga cerita lain bahwa C.G.C. Reinwardt, pendiri Kebun Raya Bogor lah, yang memindahkan patung tersebut. Patung Lembu Nandi ini memang bukan berasal dari dalam Kebun Raya Bogor sendiri. Patung Lembu ini memang berasal dari luar Kebun Raya Bogor, namun sampai saat ini masih belum diketahui pasti di mana lokasi aslinya.

Kelapa Kembar

Fakta tentang Kebun Raya Bogor yang selanjutnya adalah Kelapa Kembar yang berbuah subur di Kebun Raya. Kebun Raya Bogor mendatangkan Kelapa kembar jantan dari Kebun Raya Singapura dan juga Thailand untuk membuahi kelapa kembar betina yang ada di Kebun Raya Bogor.

Lebar Daun Teratai

Daun Teratai Raksasa di Sungai Amazon yang dapat mencapai 3 meter, berbeda dengan daun Teratai Raksasa (Victoria Amazonica) yang ada di Kebun Raya Bogor. Lebarnya hanya mencapai 1 – 1,5 meter saja. Hal ini karena cuaca serta iklim di Bogor yang sangat berbeda dengan negara asalnya, Amerika Selatan.