Curug Leuwi Hejo Sentul Wisata Air Terjun Di Bogor Terbaik

Wisata Curug Leuwi Hejo Sentul Bogor atau Air Terjun Leuwi Hejo yang kini menurut beberapa orang termasuk dalam salah satu air terjun di Bogor terbaik. Curug Leuwi Hejo memang menawarkan alam sekitar yang masih asri serta pemandangan air terjun yang indah, membuat siapapun senang berlama-lama menghabiskan waktu di tempat wisata Sentul ini.

Baca juga : Fakta Unik Curug Ciherang -> Wisata Jembatan Gantung & Rumah Pohon

Wisata di Curug Leuwi Hejo

Kepopuleran Leuwi Hejo memang sudah cukup lama dikenal masyarakat Jakarta dan sekitarnya, meskipun begitu adanya ternyata pada beberapa waktu lalu tepatnya di 2016 lalu karena musibah longsor yang mengharuskan ditutup untuk sementara. Setelah mulai dibuka kembali untuk umum, Curug Leuwi Hejo kembali menjadi salah satu objek wisata di Sentul dengan wajah baru, segala perbaikan dan penambahan segala serana dan fasilitas diberikan agar lebih menambah kenyaman bag para wisatawan. Kemudian saat ini Leuwi Hejo lebih mendapatkan pengamanan dari petugas yang siap menjamin keamanan bagi setiap wisatawan.

Wisata Ke 3 Curug Sekaligus

Jika telah membayar biaya retribusi tersebut, maka selanjutnya kamu dapat berjalan kembali menggunakan motor hingga kamu menemukan lokasi parkir motor. Sebagai tambahan informasi bilamana di kawasan wisata Curug Hejo Sentul juga terdapat 3 curug lainnya yakni Curug Cepet, Curug Leuwi Lieuk dan Curug Barong. Menariknya kamu dapat mengunjungi semua curug ini dengan mengikuti petunjuk berikut ini

1. Curug Cepet

Curug Cepet merupakan air terjun paling pertama yang akan kamu kunjungi, untuk menuju ke air terjun ini dari lokasi parkir kamu dapat berjalan ke arah kanan menyusuri jalan setapak menaiki bukit dengan durasi sekitar 30-50 menit. Kemudian ditengah perjalanan nantinya kamu akan menemukan sebuah pos kembali dan kamu akan dikenakan biaya partisipasi untuk merawat kawasan ini sebesar Rp. 5.000/orang. berenang di Curug Cepet.

2. Curug Leuwi Lieuk

Curug Leuwi Lieuk merupakan air terjun kedua yang lokasinya hanya berada tepat diatas aliran dari Curug Cepet. Oleh sebab itu untuk berkunjung ke Leuwi Lieuk kamu dapat menggunakan dua opsi antara lain sebagai berikut

  • Alternatif pertama ialah menggunakan jalur darat dengan cara menaiki anak tangga untuk memutari bukit. Dikarenakan jalur ini biasa digunakan oleh para wisatawan lainnya sehabis berenang di Curug Cepet, otomatis tanahnya akan sedikit licin dibeberapa titik. Namun bagi kamu yang lapar dan lupa membawa makanan disepanjang jalur ini terdapat jejeran warung yang siap melayani segala keperluan kamu.
  • Alternatif kedua ialah dengan cara langsung menyebrangi aliran sungai (berenang melewati kucuran Curug Cepet). Hal ini dapat mempersingkat waktu karena kamu tak perlu memutar menaiki bukit terlebih dahulu, akan tetapi terdapat kekurangan jika kamu menggunakan alternati ini. Pasalnya bila kamu membawa barang, maka beresiko akan basah.

3. Curug Barong

Curug Barong merupakan air terjun ketiga, dimana untuk menuju lokasinya kamu akan bertemu pecahan jalan antara Curug Barong dan Leuwi Hejo. Namun dalam kesempatan ini saya tidak sempat berkunjung ke Curug Barong dikarenakan keterbatasan waktu, sehingga mengharuskan saya langsung menuju lokasi curug selanjutnya.

4. Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo merupakan air terjun terakhir, dimana dari lokasi Leuwi Lieuk kamu diharuskan kembali naik kebukit tempat tadi kamu berjalan sebelumnya, dimana terdapat pecahan jalan yang ditandai oleh petunjuk jalan menuju Leuwi Hejo. Sepanjang jalan nantinya untuk menuju curug ini kamu akan disuguhkan pemandangan alam berupa lereng bukit yang sangat hijau.

Harga Tiket Masuk Curug Leuwi Hejo

Setelah itu kamu akan dikenakan biaya masuk motor sebesar Rp. 8.000/motor dan untuk mobil sebesar Rp. 20.000/mobil. Kemudian kamu dapat melanjutkan perjalanan dan melewati area parkir khusus mobil, bagi kamu yang menggunakan kendaraan tersebut dapat parkir dilokasi tersebut, namun jika kamu menggunakan motor kamu dapat jalan terus hingga menemukan Loket Masuk. Dimana pada loket tersebut, kamu akan dikenakan biaya harga tiket masuk Curug Leuwi Hejo update terbaru yakni sebesar Rp. 25.000/orang. Pos Pertama tiket masuk motor Pos Kedua area parkir motor