Fakta Unik Curug Ciherang – Wisata jembatan Gantung & Rumah Pohon Di Bogor

Fakta Unik Curug Ciherang – Wisata jembatan Gantung & Rumah Pohon Di Bogor

Nov 17, 2022 by admin

1. Terdapat Spot Jembatan Gantung

Saat berwisata ke Curug Ciherang, kurang lengkap rasanya bila tidak mengunjungi jembatan gantungnya. Selain air terjun yang mempesona, tempat lain yang menjadi favorit pengunjung adalah Jembatan Gantung. Tempat ini sayang apabila dilewatkan karena memberikan sensasi tersendiri untuk dicoba. Jembatan Gantung dibuat dari kayu yang menghubungkan antara pohon besar satu dengan pohon lainnya. Sensasinya, jembatan akan bergoyang jika kamu sedang melewatinya. Apalagi dipasang cukup tinggi dari permukaan tanah. Pemandangan yang ditawarkan tentu saja sanggup melelehkan mata. Seakan membayar semua adrenalin yang telah kamu keluarkan. Pengunjung harus menyiapkan mental yang cukup karena jembatan ini cukup panjang. Jembatan akan berakhir di sebuah rumah pohon setelah melewati beberapa pohon yang tinggi dan besar.

Baca Juga : Curug Leuwi Hejo Sentul Wisata Air Terjun Di Bogor Terbaik

2. Rumah Pohon

Rumah pohon menjadi spot selfie yang menarik dan kerap dipasang sebagai feed instagram oleh pengunjung. Rumah yang terbuat dari kayu ini terpasang di ujung pohon paling tinggi. Kamu pun tetap harus menyiapkan adrenalin jika ingin sampai di rumah pohon. Sebab di bawahnya merupakan jurang yang cukup dalam dimana di bawahnya terdapat banyak pohon-pohon lebat. Untuk sampai ke rumah pohon, kamu perlu melewati jembatan kayu yang melintasi jurang. Sampai di ujung jembatan, kamu perlu menaiki tangga kayu yang kemiringannya cukup ekstrem. Jika tidak ingin bulu kuduk merinding, sebaiknya jangan coba-coba tengok ke bawah saat sedang menaiki tangga ya. Namun begitu sampai di rumah pohon, pemandangan hutan yang ditawarkan mampu menyejukkan mata. Apalagi untuk sampai ke sini, kamu perlu berjalan kaki dengan jarak yang cukup jauh dari gerbang masuk kawasan Curug Ciherang.

3. Air Terjun

Hal utama yang dapat traveler temukan di Curug Ciherang adalah air terjun. Berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut, membuat air di curug ini sangat dingin dan segar. Debit airnya cukup deras, dan banyak bebatuan besar yang licin. Oleh karenanya, disarankan traveler yang berkunjung untuk tetap berhati-hati. Sesuai dengan namanya, tentu saja hal utama yang terdapat di kawasan Curug Ciherang adalah air terjunnya. Namun letak air terjun ini paling jauh dibanding tempat lainnya. Lantaran tempat parkirnya terpisah, kamu perlu melajukan kendaraan lebih dalam dari gerbang wisata untuk menuju curug. Bahkan dari lokasi parkir kamu masih harus trekking sekira 15 menit melewati jalan setapak yang dikelilingi perkebunan. Suara gemericik air yang jatuh dari ketinggian akan terdengar jika perjalanan kamu sudah hendak tiba di tujuan.

4. Kolam Renang

Berbeda dengan kolam renang pada umumnya, kolam renang Curug Ciherang terletak di kawasan dataran tinggi. Menariknya, kolam renang Curug Ciherang juga memiliki beberapa spot foto Instagramable. Di kolam renang Curug Ciherang, traveler bisa berenang sembari menikmati segarnya air dari sumber alami. Terdapat 3 kolam yang bisa digunakan, dimana satu di antaranya khusus untuk anak-anak karena tidak terlalu dalam. Paket yang cukup lengkap bukan untuk sebuah kolam renang yang bisa dinikmati tanpa harus membayar lagi.

5. Rute dan Harga Tiket Masuk

Melansir dari instagram @curug_ciherang, tiket masuk kawasan Curug Ciherang yakni Rp 40 ribu per orang. Biaya tersebut sudah termasuk semua wahana curug, kolam renang, jembatan gantung, rumah pohon, dan spot selfie. Buat kamu yang tidak sabar ingin menyaksikan langsung keindahan Curug Ciherang, bisa datang ke kawasan Sirnajaya, Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Rutenya tidak terlalu sulit, dari Bogor lajukan kendaraan arah Sukamakmur. Bisa lewat Babakan Madang atau Citeureup. Dari jarak beberapa meter, akan ditemui petunjuk bertuliskan Curug Ciherang.