Beberapa Ciri Khas Laksa Bogor Yang Gurih Dan Kental

Beberapa Ciri Khas Laksa Bogor Yang Gurih Dan Kental

Nov 13, 2022 by admin

1. Menggunakan Oncom Merah

Laksa Bogor bisa dengan mudah dibedakan setelah melihat oncom di dalam campurannya. Oncom merah menjadi ciri khas laksa Bogor yang membuat rasanya lebih nikmat. Disebut oncom merah karena yang digunakan hanyalah oncom segar dengan serabut jamur warna putih dan oranye. Terkadang saking oranye warna oncom ini sekilas tampak agak kemerahan.

Baca juga : 5 Fakta Menarik Toge Goreng yang Tidak Pernah Digoreng

Oncom yang dijadikan campuran dalam laksa ini dibiarkan mentah alias tidak diolah. Saat penyajian, oncom dipotong kecil-kecil lalu diguyurkan kuah laksa yang panas.
Oncom akan matang setelah diguyur kuah panas berkali-kali.

2. Disajikan dengan bihun

Isian laksa Bogor kurang lebih sama dengan laksa Betawi atau Tangerang. Namun untuk laksa Bogor disajikan dengan pelengkap bihun. Beberapa laksa Betawi hadir dengan mie putih yang bentuknya agak besar, meskipun beberapa laksa Betawi juga menggunakan campuran bihun. Selain isian bihun, laksa Bogor juga dilengkapi irisan ketupat, tauge dan kemangi, tahu serta taburan serundeng kelapa.

3. Kuah kental dicampur kelapa

Kuah laksa Bogor punya konsistensi yang sangat kental. Sumber dari kekentalannya adalah santan dan campuran kelapa parut yang dihaluskan. Berbeda dengan kuah ketupat sayur yang terbilang encer, kuah laksa justru sangat pekat dan kental. Adi, pemilik Laksa Mang Wahyu Gang Aut mengatakan kelapa parut tidak langsung dicampur dalam kuah melainkan dihaluskan lebih dulu.

4. Pakai sambal pedas asam

Sambal laksa Bogor sepintas sama dengan sambal lain. Namun rasanya dominan pedas dan asam. Karena sambal ini diracik menggunakan campuran cabai dan cuka. Begitu ditambahkan ke laksa, rasanya jadi makin kompleks. Kamu akan mencecap rasa gurih, manis, pedas dan asam sekaligus. Racikan sambal ini juga yang jadi ciri khas laksa Bogor.

5. Lebih modern dengan tambahan telur

Secara klasik, aslinya laksa tidak disajikan dengan tambahan telur rebus. Dahulu laksa hanya dilengkapi potongan tahu putih yang dimasak bersama kuah laksa. Kini laksa Bogor tampil lebih modern dengan tambahan telur rebus. Penyajian laksa dengan telur rebus baru dilakukan beberapa tahun belakangan karena banyak orang meminta tambahan telur. Kalau kamu mau merasakan laksa Bogor autentik yang resepnya sudah dijaga sejak tahun 1960-an, cobalah datang ke kedai Laksa Bogor Mang Wahyu. Di sini lidah akan dimanjakan seporsi laksa klasik yang rasanya ikonik.