5 Fakta Unik Mie Glosor Khas Bogor

5 Fakta Unik Mie Glosor Khas Bogor

Nov 14, 2022 by admin

Kuliner di Kota Bogor, banyak yang unik , salah satunya sebut saja Mie Glosor. Unik karena teksturnya beda dengan mie pada umumnya . Mie Glosor bertekstur kenyal dan licin, berbeda dengan mie yang banyak dijajakan di pasaran. Mi Glosor dibuat dari tepung kanji atau aci (bahasa Sunda-red) dicampur dengan kunyit,hingga warna mie menjadi kuning. Meski identik sebagai jajanan khas Bogor, namun sebenarnya mie glosor bukan asli dari Kota Bogor, tapi berasal dari Kota Sukabumi yang kemudian menjadi terkenal dan digemari oleh masyarakat Kota Bogor.

Keberadaannya di Bogor karena salah seorang pembuat mie ini , sekitar tahun 1966 pindah dari kota Sukabumi . Tahun 1970 mulai memproduksi mie jenis ini di daerah Pancasan Bogor hingga saat ini. Asal mula penamaan glosor atau gelosor (mengalir) , dipakai untuk menggambarkan betapa mudahnya mie tersebut ketika dimakan, mudah dikunyah, mengalir lancar dari mulut ke tenggorokan dan menggelosor menuju perut. Mi Glosor merupakan jenis makanan khas yang unik dari Kota Bogor dan menjadi makanan favorit di pada bulan puasa. Oleh sebab itu, banyak orang yang mengaitkan makanan ini dengan bulan Ramadan. Kendati mie glosor merupakan makanan khas bulan Ramadan, anda tetap bisa menemukan makanan ini dalam keseharian. Berikut merupakan fakta unik mie glosor khas bogor :

Bentuk dan tekstur mi glosor

Mie satu ini berbeda dengan mie yang biasanya ada di penjual bakmie, ataupun pedagang nasi dan mie goreng, sebab selain memiliki tekstur kenyal, mi glosor ini lebih licin daripada mi biasanya.

Baca juga : Asal Usul dan Cara Memasak Asinan Bogor Yang Enak

Jajanan di bulan Ramadhan

Selain dapat ditemukan di pasar tradisional dengan harga terjangkau, mi yang dibungkus dalam kantong–kantong plastik bening ini juga dapat dijumpai dalam bentuk matang di berbagai pelosok kota Bogor. Apalagi ketika bulan Ramadhan tiba, para penjual mi gelosor seolah merajai jajanan di kota hujan. Biasanya mie glosor digoreng dengan campuran sayuran, seperti kol dan sawi hijau yang ditumis terlebih dahulu. Nanti setelah matang, disajikan dengan gorengan dan sambal kacang.

Mi glosor bukan jajanan asli Bogor

Meski identik sebagai jajanan khas Bogor, namun pada kenyataannya mi glosor ini sebenarnya bukan asli dari kota Bogor, lo. Me glosor ini sebenarnya berasal dari Sukabumi yang kemudian menjadi terkenal dan digemari oleh masyarakat kota Bogor.

Mengapa namanya mi glosor?

Ayo, siapa yang tau mengapa mi tersebut disebut mi glosor? Glosor atau gelosor (mengalir), dipakai untuk menggambarkan betapa mudahnya mie tersebut ketika dimakan, mudah dikunyah, mengalir lancar dari mulut menuju tenggorokan dan menggelosor menuju lambung.

Festival mi glosor

Karena kecintaan serta ingin terus melestasikan keberadaan mi glosor, maka Festival Me Glosor sering digelar di beberapa daerah di Bogor. Nggak tanggung–tanggung, 100 kilogram bakan lebih mi glosor pada saat itu dimasak dan dibagikan kepada seluruh warga masyarakat.

Tidak disarankan sebagai menu utama

Walau mi glosor merupakan makanan favorit di bulan Ramadhan, namun sebaiknya jangan dijadikan sebagai menu utama. Sebab kandungan serta vitamin yang terdapat dalam mie glosor belum layak untuk dijadikan sebagai pengganti zat–zat dalam tubuh setelah seharian menjalankan puasa.